EVOLUSI KAJIAN KOMUNIKASI

Artikel, dimuat dalam “Jurnal Communication” Fikom Universitas Budi Luhur. Vol. 5 No. 1 April 2014

Komunikasi adalah bidang studi yang dinamis dan senantiasa bergerak mengikuti arah peradaban manusia. Sejak ribuan tahun yang lalu, komunikasi telah menjadi bagian yang penting dalam kehidupan manusia. Pentingnya komunikasi bagi kehidupan sosial, budaya, pendidikan, dan politik, bahkan sudah disadari oleh cendikiawan Yunani yang hidup beratus tahun sebelum Masehi.

Pada era modern, ilmu komunikasi kemudian menjelma menjadi sebuah bidang kajian lintas disiplin (interdisciplinary), yang secara tegas menantang semua bentuk batasan-batasan konvesional, baik teoritis maupun metodologis. Komunikasi bahkan selalu terbuka untuk menerima kontribusi dari luar, seperti filsafat, psikologi,bahkan semua cabang-cabang ilmu sosial serta seni dan sastra menjadi semacam arena yang terus menerus dieksplorasi untuk pengembangan kajian komunikasi.

Namun demikian, sebagaimana dikatakan oleh Stephen Littlejohn dan Karen A. Foss (2008 : 2), sepanjang sejarahnya, komunikasi selalu saja menjadi misteri dari manusia yang sulit dipecahkan. Komunikasi, yang bagi sebagian orang dianggap sebagai hal yang remeh temeh, dan taken for granted, merupakan aspek dari kehidupan yang masih sulit dipecahkan dan dipahami secara sistematis.

Komunikasi sebagai sebuah misteri yang sulit terpecahkan masih akan terus menjadi persoalan dimasa depan, seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi yang terus menerus membawa perubahan pada, bukan hanya cara orang berkomunikasi, namun juga secara keseluruhan perilaku manusia yang muncul akibat dampak perkembangan teknologi.

Mempertimbangkan hal tersebut, studi ini akan melakukan analisis mengenai sejarah perkembangan kajian komunikasi, serta berbagai macam konteks yang melatarbelakangi perkembangan kajian komunikasi. Dengan memahami evolusi kajian komunikasi, kita dapat mempelajari bagaimana setiap era dalam sejarah berupaya untuk secara sistematis memecahkan misteri-misteri dalam komunikasi.

Hal ini menjadi penting untuk di kaji lebih jauh, mengingat bahwa teori dan  metodologi komunikasi bukanlah sesuatu hal yang hadir di ruang hampa. Ia muncul dari  hasil negosiasi yang diaklektik didalam sejarah manusia. Dengan demikian, setiap perkembangan sejarah akan memunculkan tema-tema baru dalam kajian komunikasi, dan studi ini akan melihat hal tersebut secara kronologis.

 

Download Fullpaper :

http://fikom.budiluhur.ac.id/wp-content/uploads/2014/04/JurnalV5no1_Ap_2014.pdf

https://www.academia.edu/7013888/EVOLUSI_KAJIAN_KOMUNIKASI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s