TENTANG PENULIS

,392123_2516418144148_1064062349_3609839_1216877338_n

Lahir di Jakarta, 01 April 1981, menyelesaikan pendidikan S1 pada Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta. Kemudian pada tahun 2005 melanjutkan studi pada program pascasarjana (S2) Departemen KOmunikasi FISIP Universitas Indonesia dengan konsentrasi pada kajian media dan budaya (media and cultural studies).

Sejak mahasiswa aktif pada beberapa kegiatan di kampus, mulai dari Badan Eksekutif Mahasiswa Jurusan (BEMJ) sebagai Wakil presiden hingga redaktur bulletin Format di kampusnya.

Pria yang hobi membaca ini, sejak awal sudah menetapkan karirnya untuk menjadi akademisi professional. Awal mulanya berkarir sebagai dosen tidak tetap di Akademi Komunikasi Bina Sarana Informatika (AKOM-BSI) sejak tahun 2006-2008, kemudian sejak 2007 menjadi pengajar tidak tetap di UIN Jakarta untuk mata kuliah Komunikasi Internasional hingga 2008.

Sejak 2008, Hijrah ke kota Bandar Lampung dan bekerja sebagai dosen tetap di Program studi Ilmu Komunikasi Universitas Bandar Lampung, jabatan terakhir Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi.

Aktif menulis di beberapa harian lokal di Lampung, serta menulis dan mengelola jurnal “Kom & Realitas Sosial” yang diterbitkan oleh Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bandar Lampung. Kepeduliannya terhadap kualitas siaran televisi yang berkualitas mendorongnya untuk aktif dalam kegiatan “Media Literasi” yang diadakan oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Lampung.

Bidang kajian yang saya minati saat ini adalah pada perkembangan kajian mutakhir media massa, atau apa yang disebut sebagai “media convergence”. Kemunculan konvergensi media dalam studi media merupakan dampak dari terciptanya teknologi digital, yang memungkinkan semua bentuk media konvensional (baik cetak maupun elektronik) disatukan kedalam sebuah media digital, inilah apa yang disebut sebagai “digital communication”. Berdasarkan kajian yang saya lakukan, masa depan riset kajian media (media studies) dan perkembangan industri media adalah digital communication.

Disamping mengajar, saya juga adalah trainer dalam bidang kajian komunikasi dan media disamping masih aktif meneliti dalam bidang kajian media and cultural studies. Beberapa tulisan saya pernah dimuat dalam jurnal ilmiah nasional.

Saat ini Bekerja sebagai dosen tetap dan peneliti pada Program studi Digital Communication Surya University dan menjadi dosen tidak tetap pada beberapa perguruan tinggi swasta di Jakarta.

Penulis dapat dihubungi melalui :

salim.alatas@surya.ac.id

salim_oemar@yahoo.co.id

http://www.kompasiana.com/salimalatas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s